Kamis, 16 April 2009

CUMA SAHKAN PEDOMAN DASAR


koncomacan-JAKARTA. Agenda musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) akan segera dihelat PSSI. Munaslub akan dilangsungkan mulai 19 hingga 21 April mendatang di Jakarta. Agenda itu merupakan acara yang sudah lama ditunggu publik untuk melihat perubahan di tubuh PSSI. Namun, harapan itu sepertinya bakal kandas.


Sinyal bahwa kran suara anggota PSSI bakal ditutup sudah dinyalakan oleh pengurus teras induk organisasi sepak bola nasional tersebut. "Munaslub nanti hanya untuk mengesahkan pedoman dasar (PD) saja," sebut Nugraha Besoes, sekretaris jenderal (Sekjen) PSSI.
Di luar agenda pengesahan pedoman dasar itu, menurut Nugraha tidak ada agenda lainnya. Tidak terkecuali dengan acara pembahasan waktu pelaksanaan musyawarah nasional (Munas).
"Tidak ada agenda pembahasan Munas. Munaslub hanya untuk pengesahan pedoman dasar. Di luar itu, kami hanya melakukan perayaan ulang tahun PSSI pada 19 April atau hari pertama Munaslub," kata Nugraha.

Secara regulasi, Munaslub memang hanya untuk mengesahkan pedoman dasar. Sedang Munas untuk pemilihan kepengurusan baru, harus digelar sesudah Munaslub. Rentang waktunya minimal satu bulan sesudah Munaslub dan paling lambat enam bulan setelah Munaslub.
Kendati begitu, bukan berarti pembahasan agenda Munas tidak diperkenankan dibahas ketika Munaslub. "Lewat Munaslub PSSI bisa membuka gerbang untuk melakukan penyegaran," tutur Eddy Elison, pengamat sepak bola nasional, beberapa waktu lalu.

Yang dimaksudkan Eddy adalah lewat Munaslub itu PSSI bisa melakukan pembahasan awal terkait Munas. Utamanya menyangkut tentang penetapan waktu Munas. Munaslub merupakan tempat yang pas untuk mengumumkan hal tersebut. Sebab, saat itu, anggota PSSI berkumpul semua.

Dengan begitu, sepulang dari Munaslub, mereka bisa merumuskan apa yang harus dilakukan ketika Munas nanti. Sehingga, ketika menghadiri agenda Munas, para anggota PSSI, tidak hadir dengan pikiran kosong.
"Tapi, kenapa kami harus membahas Munas? Kepengurusan PSSI ini kan berlaku hingga 2011 mendatang," dalih Mafirion, anggota eksekutif komite PSSI yang sekaligus juru bicara PSSI.

Comments :

0 komentar to “CUMA SAHKAN PEDOMAN DASAR”

Posting Komentar

Waktu Anda

 

Copyright © 2009 by persikmania sejati dan persik kediri