Rabu, 27 Mei 2009

IWAN BUDIANTO PILIH EXCO PSSI


koncomacan - JAKARTA, Pedoman dasar PSSI yang baru menggariskan bahwa anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tidak diperkenankan merangkap jabatan. Setelah dua pekan pedoman dasar baru itu disahkan, kini mulai ada anggota Exco yang mematuhi.
Andi Darussalam Tabusalla yang memulai. Andi telah mengambil sikap untuk melepaskan jabatannya sebagai anggota Exco dan memilih berkonsentrasi menjalani tugas sebagai ketua Badan Liga Sepak Bola Indonesia (BLI).


"Kompetisi sudah mulai tertata secara profesional. Saya tidak ingin meninggalkan tugas di sana. Saya pun memutuskan untuk berkonsentrasi di BLI. Saya sudah bicara dengan ketua umum PSSI (Nurdin Halid, Red) soal pengunduran diri saya dari Exco," jelas Andi kemarin (5/5).
Dia mengungkapkan bahwa pernyataan mundurnya tersebut disampaikan Senin lalu (4/5). Selain menyampaikan sikap mundurnya dari kursi Exco, Andi melepaskan jabatan ketua Komite Keamanan dan Medis PSSI.

"Secara lisan, beliau (Andi Darussalam, Red) sudah menyatakan pengunduran dirinya kepada saya. Kini tinggal administrasinya. Saya sangat menghargai keputusannya. Sebab, itu menunjukkan bahwa beliau sangat memahami pedoman dasar baru kita," kata Nurdin.
Menurut dia, dalam pedoman dasar baru tersebut, aturan larangan rangkap jabatan sebenarnya hanya berlaku bagi anggota Exco yang juga menduduki posisi di badan peradilan PSSI.
Badan peradilan itu, antara lain, Komisi Disiplin, Komisi Banding, serta Komisi Etika dan Fair Play PSSI.
Nah, menurut aturan tersebut, hanya Muhammad Zein sebenarnya yang harus memutuskan untuk memilih. Sebab, selain tercatat sebagai anggota Exco, M. Zein menjabat ketua Komisi Etika dan Fair Play PSSI.

"Tapi, dalam pasal lain disebutkan, jika ada konflik kepentingan dalam mengambil keputusan, anggota Exco harus menanggalkan statusnya. Atas dasar itu, anggota Exco tidak diperkenankan merangkap jabatan dengan posisi apa pun," tegas Nurdin.

Jika didasarkan pada hal itu, hampir seluruh anggota Exco merangkap jabatan. Nurdin memberi koleganya yang rangkap jabatan waktu tiga bulan untuk menentukan pilihan.
"Sejauh ini, sudah ada Saudara Andi Darussalam yang memutuskan mundur dari Exco. Selain itu, ada jawaban dari Saudara Iwan Budianto yang memilih berada di Exco dan melepaskan jabatan lainnya. Saya akan segera membuat surat keputusannya," terang Nurdin.

Comments :

0 komentar to “IWAN BUDIANTO PILIH EXCO PSSI”

Posting Komentar

Waktu Anda

 

Copyright © 2009 by persikmania sejati dan persik kediri