Rabu, 08 April 2009

TAK ADA KENDLA FISIK


koncomacan- Fisik punggawa Arema usai menjalani libuir sepekan ternyata tidak sampai drop. Bahkan di mata pelatih Gusnul Yakin, kondisi fisik anak asuhnya cukup bagus. Padahal biasanya usai libur panjang, di hari pertama latihan pemain mudah kelelahan.


Tapi kondisi tersebut tidak terjadi pada latihan perdana di lapangan Taman Rekreasi Sengkaling kemarin. Mulai berlari mengitari lapangan sebanyak 8 kali, sprint dan latihan dribble bola bisa dilalui dengan baik. Ini terlihat dengan cek denyut nadi anak-anak 180 per menit setelah melakukan latihan lari mengitari lapangan sebanyak 8 kali. "Fisiknya anak-anak cukup bagus. Kelihatannya instruksi saya agar mereka latihan sendiri di rumah selama liburan dijalankan," terang Gusnul Yakin kemarin.

Meski terbilang normal, kondisi fisik pemain tim berlogo kepala singa itu tetap harus ditempa melalui program TC di Bendungan Selorejo. Ini dilakukan agar kondisi fisik pemain mencapai peak performance seperti ketika Arema mengalahkan Persiwa Wamena 2-0 (8/3) dan Persela Lamongan 1-0 (14/3). Apalagi lawan yang akan dihadapi Arema nantinya Persija Jakarta (20/4). Sehingga untuk meraih kemenangan, fisik pemain Arema harus ekstra prima.

Sementara itu ancaman manajemen yang akan memberikan sanksi denda bagi pemain yang telat mengikuti latihan perdana dan training center (TC) berjalan efektif. Buktinya sebagian besar pemainnya ikut menjalani latihan perdana dilanjutkan TC di Bendungan Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Hanya ada lima punggawa Arema kemarin absen dalam latihan perdana dan TC. Tapi kelima pemain tersebut memang sudah mendapatkan izin dari manajemen. Seperti kiper Kurniawan Meiga Hermansyah, stoper Achmad Jufriyanto, Richie Pravita Hari yang seleksi timnas SEA Games. Sedangkan Ranu Tri Sasongko, dan Hendra Ridwan izin karena baru melakukan pernikahan pada Sabtu kemarin (4/4).

Akan tetapi Hendra dan Ranu diperkirakan bisa bergabung dengan Suroso dkk, sehingga nantinya fisik keduanya tidak kalah dengan pemain lainnya ketika menghadapi laga kompetisi lanjutan Djarum Indonesia Super League (DISL) setelah libur panjang karena bersamaan dengan masa kampanye. "Kelima pemain yang absen bisa saya maklumi. Sebagian tiga pemain membela timnas dan dua pemain baru aja menikah. Jadi izinnya anggap saja bulan madu," ucap Gusnul.
Laga Amal Jadi Evaluasi Gusnul

koncomacan - Pelatih Arema Gusnul Yakin meminta laga uji coba menghadapi Persikoba Batu di Stadion Gajayana (13/4) mendatang tak hanya sekadar laga amal. Akan tetapi pertandingan tersebut sekaligus menjadi media evaluasi bagi Gusnul untuk mengetahui kesiapan pemainnya sebelum menghadapi Persija Jakarta (20/4) di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen.

Maklum, setelah libur selama sepekan, Gusnul menilai pasti ada perubahan dengan permainan anak asuhnya. Untuk itu, dalam pertandingan laga amal untuk menghormati dua mantan pemain Arema yang saat ini sakit yakni Setyo Budiarto dan Puji Purnawan akan menampilkan skuad intinya. Di sektor kiper Gusnul akan memasang Dadang Sudrajat.
Di belakang ada Alexander Pulalo, Suroso, Boubacar Kieta dan Erick Setiawan. Di sektor lini tengah ada Arif Suyono, Sambiring, Chmelo Roman, Fandi Mochtar sedangkan di lini depan, ada duet Patricio Morales dan Fortune Udo. "Tentunya uji coba itu untuk melihat sejauh mana perkembangan kerja sama tim pemain inti kami setelah libur seminggu," ujar Gusnul Yakin, kemarin.

Bagi Gusnul dalam pertandingan nanti, diharapkan kerjasama tim skuad tim berjuluk Singo Edan langsung padu. Dengan demikian, dirinya tidak
dipusingkan lagi dengan persoalan kerjasama tim. Melainkan dalam waktu sisa menjelang laga menjamu Persija Jakarta (20/4), dirinya tinggal pematangan teknik dan taktik pemain.
Mengingat untuk memenangkan lawan tim Macan Kemayoran -julukan Persija- tentunya tidak mudah. Sebab tim asal ibukota itu dihuni pemain dengan kualitas yang bagus. Bahkan pemain lokalnya rata-rata merupakan pemain timnas.

Untuk itu, pemain Arema harus mampu tampil dengan kolektivitas agar bisa memetik kemenangan atas Persija. Bahkan tidak menutup kemungkinan, Gusnul akan melakukan rotasi starter tim berlogo kepala singa ketika menghadapi Persija. Itu dilakukan apabila dalam pertandingan uji coba nanti ada beberapa pemain inti yang main jelek. "Jadi skuad inti lawan Persija nanti akan saya pilih pemain yang siap dan main bagus," terang mantan pelatih Persibo Bojonegoro ini.

Comments :

0 komentar to “TAK ADA KENDLA FISIK”

Posting Komentar

Waktu Anda

 

Copyright © 2009 by persikmania sejati dan persik kediri