Selasa, 07 April 2009

HARUNA " JATIM PALING MEMENUHI SYARAT "


koncomacan-Tekateki siapa yang ditunjuk menjadi ’’tuan rumah”dalam tunda Liga Super memang belum terjawab.Namun,dari empat wilayah nominasi BLI, Jawa Timur (Jatim) paling layak.

Tak salah jika Jatim disebut lebih berpeluang jadi tempat relokasi 27 pertandingan yang akan dikomandoi langsung Badan Liga Indonesia( BLI). Sebab, Jatim masih lebih baik dibandingkan tiga daerah lainnya,Jawa Tengah, DKI Jakarta, ataupun Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satu keunggulan Jatim adalah fasilitas stadion yang memenuhi syarat.


Di provinsi paling timur Pulau Jawa ini, terdapat tujuh stadion berkualitas setara. Masing-masing adalah Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Stadion Surajaya Lamongan, Stadion Tri Dharma Gresik, Stadion Brawijaya Kediri, Stadion Kanjuruhan, dan Stadion Gajayana di Malang.

Dengan tujuh stadion berkapasitas di atas 20.000 penonton, sangat memungkinkan menggelar 27 pertandingan dalam waktu tak lebih dari tiga pekan yang ditentukan BLI. Selain itu, jarak antara stadion juga tidak terlalu jauh. Lebih penting lagi, Jatim juga berada di tengahtengah, dekat dengan Kaltim, Sulawesi Selatan, dan tak jauh DKI Jakarta ataupun Jawa Barat.

Beda dengan Kaltim, meski banyak stadion, jarak tempuh antarstadion cukup jauh karena tersebar di Samarinda, Balikpapan, dan Bontang. Untuk ke Samarinda dari Balikpapan saja, harus menempuh jarak tak kurang dari 155 km dengan kondisi jalan berliku-liku yang memakan waktu sekitar 5 jam.

Bukan hanya masalah lokasi stadion,di Jatim juga ada empat tim yang berlaga di Liga Super, yaitu Arema Malang, Deltras Sidoarjo,Persik Kediri, dan Persela Lamongan. Otomatis dari 27 pertandingan, sebagian besar juga melibatkan ke empat tim itu.Selama ini tim-tim Jatim juga menjadi favorit siaran langsung televisi, yang juga akan menjadi pertimbangan BLI.

Jauh sebelumnya, Ketua Pengprov PSSI Jatim Haruna Soemitro sudah menyatakan siap jika memang BLI memberikan kepercayaan kepada Jatim.’’Dari awal memang kami sudah siap. BLI sendiri sudah menentukan kriteria tempat yang akan ditunjuk nanti. Saya rasa Jatim paling memenuhi syarat,’’ ujar Haruna.

Sebelumnya, Direktur BLI Joko Driyono sempat mengatakan ada tiga faktor untuk menentukan lokasi laga tunda, di antaranya kelayakan stadion, sarana pendukung, dan efisiensi.’’Jatim memang cukup memenuhi syarat, tapi kita lihat saja perkembangannya nanti,’’ kata Joko beberapa waktu lalu.

Satu-satunya kendala yang bisa menjadi ganjalan Jatim adalah masalah keamanan. Sebab, jika pelaksanaan Pemilu Legislatif tidak berjalan lancar, maka bisa jadi Polda Jatim tidak akan mengeluarkan kembali izin keamanan pertandingan sepak bola. ’’Asumsi yang kami buat dengan dasar pemilu berjalan lancar,’’ tandasnya.

BLI terpaksa merelokasi dan memadatkan 27 pertandingan untuk menyelamatkan roda kompetisi Liga Super agar selasai tepat waktu, 13 Juni mendatang. Ini disebabkan tim-tim di Pulau Jawa tidak mendapatkan izin dari kepolisian selama pemilu legislatif berlangsung.

Comments :

0 komentar to “HARUNA " JATIM PALING MEMENUHI SYARAT "”

Posting Komentar

Waktu Anda

 

Copyright © 2009 by persikmania sejati dan persik kediri