Selasa, 28 April 2009

Gulung Persela, Persik Menangi Derby Jatim


Kediri, Persik Kediri memenangi perang sesama tim Jawa Timur melawan Persela Lamongan. Stadion Brawijaya, Senin (27/4/2009), menjadi saksi saat 'Macan Putih' menggulung lawannya 4-1.

Gol kemenangan Persik dicetak oleh Yongki Ariwibowo, Saktiawan Sinaga (dua gol) dan Ronald Fagundes. Sementara gol hiburan Persela dihasilkan dari gol bunuh diri Mahyadi Panggabean.


Dengan kemenangan tersebut, posisi Persik terkerek satu peringkat ke posisi enam klasemen sementara ISL. Dengan 41 poin, Persik melewati Persijap Jepara yang baru mengumpulkan 39 angka.

Sejak menit pertama jalannya pertandingan, Persik sebagai tuan rumah langsung menggebrak pertahanan lawan. Kolaborasi Fagundes, Harianto, Jefri Dwi Hadi dan Legimin Raharjo di lini tengah, berhasil memanjakan duet di lini depan: Saktiawan dan Yongki. Meski lini tengah banyak memberikan umpan-umpan terukur tetapi buruknya penyelesaian akhir menjadikan belum ada gol tercipta.

Persik baru unggul atas tamunya pada menit ke 33 melalui gol cantik yang diciptakan Yongki. Pemain muda jebolan Persik U-21 tersebut berhasil membuat gol melalui tendangan salto setelah memanfaatkan umpan terukur dari tandukan Saktiawan Sinaga.

Unggul satu gol, Persik semakin meningkatkan daya gedornya. Hasilnya, pada menit ke 44 Saktiawan berhasil menggandakan keunggulan setelah tendangan placingnya dengan memanfaatkan umpan pendek dari Harianto berhasil memperdaya penjaga gawang Persela, Faisol Mubarok. Gol tersebut sekaligus menjadi penutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persik tidak mengendurkan serangannya. Fagundes kemudian memperbesar keunggulan melalui titik putih pada menit ke 56. Wasit M. Sueb memberikan hadiah penalti karena Saktiawan dijatuhkan oleh Fabiano di kotak penalti.

Semenit kemudian, Persela berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 karena Mahyadi Panggabean membuat gol bunuh diri. Mantan pemain PSMS Medan tersebut salah mengantisipasi tendangan mendatar Amsar Reza sehingga menjebol gawang Akhmad Kurniawan.

Gol balasan Persela tidak lantas menjadikan mental anak-anak Persik jatuh. Justru sebaliknya, pada menit ke-80, berawal dari tendangan sudut oleh Fagundes, Saktiawan berhasil membuat gol keduanya melalui tandukan. Gol tersebut sekaligus semakin memperbesar keunggulan Persik menjadi 4-1.

Di sisa 10 menit akhir pertandingan, Persik sebenarnya sempat membuat satu peluang emas saat Saktiawan Sinaga tinggal berhadap-hadapan dengan Faisol Mubarok. Namun tendangannya yang melebar menjadikan skor 4-1 itu tetap bertahan hingga pertandingan berakhir.

Yang menarik, dalam tiga menit perpanjangan waktu, Persik sempat melakukan pergantian terpaksa dengan menjadikan Hamka Hamzah sebagai penjaga gawang. Itu dilakukan setelah penjaga gawang Akhmad Kurniawan mengalami cedera sementara jatah tiga pergantian sudah dihabiskan Persik.

Comments :

0 komentar to “Gulung Persela, Persik Menangi Derby Jatim”

Posting Komentar

Waktu Anda

 

Copyright © 2009 by persikmania sejati dan persik kediri